Geotourism Sabang

Program Hibah Bina Desa - Unsyiah

PHBD Unsyiah

 

Gambar 1. Tim PHBD Bersama Masyarakat di Gunung Api Jaboi

Universitas Syiah Kuala tahun ini kembali melaksanakan Program Hibah Bina Desa yang didanai oleh Kemenristekdikti Indonesia, yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika Universitas Syiah Kualadi desa Jaboi, Sabang. program yang dilaksanakan adalah Peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan wisata Geothermal berbasis teknologi barcode 3D di desa Jaboi Sabang. Tujuan HIMA-TG membahas kegiatan ini untuk mengembangkan potensi dan mengelola geowisata berbasis teknologi informasi melalui barcode 3D, dan memperdayakan peran aktif masyarakat desa dalam mengelola geowisata yang tersedia di daerah setempat.HIMA-TG Unsyiah selama ini juga sudah cukup sering mengadakan kegiatan yang bertempat di desa Jaboi, seperti tur Rekayasa Geofisika yang merupakan kegiatan penelitian yang diadakan di daerah Gunung Api. 

 

 KEGIATAN HIMA-TG YANG PERNAH DILAKUKAN 

HIMA-TG Universitas Syiah Kuala telah melakukan beberapa kegiatan di Desa Jaboi juga seperti GET ( Tur Rekayasa Geofisika ). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kualitas Mahasiswa / i sebagai kontribusi dalam dunia eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya alam Indonesia. Dalam acara ini berisi kegiatan-kegiatan dalam menjalankan geofisika Diperoleh: akuisisi data, mengumpulkan data serta interpretasi data dengan menggunakan metode-metode geofisika seperti Seismik, Geolistrik, Gravitasi, Magnetik dan VLF. Adapun hasil dari kegiatan yang dilakukan, akan dimasukkan ke dalam Jurnal Ilmiah yang dibutuhkan akan memberikan informasi yang terkait sumber daya alam didaerah tersebut.

Gambar 2. Akuisisi Data Seismik

Gambar 3. Akuisisi Data Geolistrik

 

Gambar 4. Akuisisi Data Gravity

Gambar 5. Akuisisi Data Magnetik

Gambar 6. Data Akusisi CMD

Selain Kegiatan GET, HIMA-TG juga sering melakukan penelitian-penelitian terkait  panas bumi,  sesar dan geoteknik di sekitar wilayah Jaboi Sabang yang akan digunakan sebagai mata kuliah Tugas Akhir serta proyek-proyek yang membahas Teknik Geofisika lainnya.

Gambar 7. Kegiatan Penelitian